Sunday, April 21, 2013

the beginning

Assalaamu'alaikum wrwb..

Saudara2ku yg dirahmati Allah SWT..

Semoga kita senantiasa dalam nikmat iman dan Islam..

Di posting yg kedua ini, saya ingin menceritakan bagaimana awalnya saya mulai menghafal Al Quran..

Saat itu.. thn 2007, di bulan ramadhan.. di saat di mana biasanya kita umat muslim meningkat semangat ibadahnya.. termasuk saya.. hehe..

Entah bagaimana, pada waktu itu saya berfikir.. "umur udah 34 tahun.. berapa surat Al Quran ya yg sudah saya hafal???"

Mungkin pertanyaan ini timbul karena di bulan ramadhan tsb, saya rajin tarawih di masjid, dan terkagum2 dengan bacaan dan suara sang imam.. jadi termotivasi.. biasalah iman lg full.. hehe..

Logikanya.. kalo saya start menghafal Al Fatihah pada kelas 1 SD.. atau umur 7 thn.. (kebetulan saya sekolah di SD Islam, SD Harapan Medan)... Kalau 1 tahun saya bisa hafal 1 surat aja.. harusnya umur 34 thn saya minimal udah hafal 27 surat..

Mulailah saya berhitung ... menginventarisir hafalan surat saya..

1.  Al Fatihah
2.  An Naas
3.  Al Ikhlas
4.  An Nashr
5.  Al Kaafiruun
6.  Al Fiil
7.  Quraisy
8.  Al Maa'uun
9.  Al Humazah
10.At Tiin
11.At Takatsur
12.Al 'Ashr

Alhamdulillaah.. Yap.. ada 12 surat.. termasuk Al Fatihah.. hehehe..

Di situ saya mulai berfikir..wah.. kok dikit banget ya.. 34 thn jadi org Islam .. hafal cuma 12 surat.. surat2 pendek pula.. kalo surat-surat panjang seperti Ar Rahman , Yaa Siin atau Al Waqi'ah masih ok lah.. 

Ada perasaan malu yang muncul.. malu pada diri sendiri.. malu pada Allah..

Kalau dihitung2.. total ayat dari 12 surat itu ada 67 ayat... Jadi.. kalau dibagi 34thn.. rata-rata per tahunnya saya menghafal 2 ayat.. :(

Saat itu juga, saya memutuskan utk menambah "koleksi" surat saya..
Mumpung bulan ramadhan saya fikir.. Kata anak-anak sekarang.. Chemunguuud.. hehehe
Saya mulai dengan surat yang paling pendek.. Al Kautsar.. ya.. saudara-saudara ku.. saya waktu itu belum hafal surat Al Kautsar.. padahal lirik lagu barat banyak yang saya hafal.. Astaghfirullah.. 

Alhamdulillah.. surat Al Kautsar berhasil saya hafal dalam waktu 1 hari..

Begitulah awalnya saya mulai menghafal Al Quran.. di usia yg ke 34 thn.. di mulai dari surat Al Kautsar.. yg terdiri dari hanya 3 ayat..

Pada waktu itu sebenarnya tidak terpikir oleh saya untuk menjadi penghafal Al Quran.. sama sekali tidak.. saya hanya ingin menambah satu surat saja.. Target saya waktu itu minimal tiap bulan ramadhan nambah hafalan lah, walau hanya satu surat.. ya.. satu surat tiap tahun..

Insya Allah jika umur panjang akan saya lanjutkan ceritanya di posting berikut..

Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca blog ini..
Ditunggu kritik dan sarannya.. :)


Dari Abi Umamah ra. ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Bacalah olehmu Al Qur'an, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafa'at pada hari kiamat bagi para pembacanya" (HR. Muslim)

Wassalam..






No comments:

Post a Comment